Friday, October 26, 2018

BEM-U UMM Ajak Mahasiswa Sadar Tantangan Pemuda Masa Kini

BONUS DEMOGRAFI yang akan diterima Indonesia pada tahun 2030 tentu menjadi perhatian khusus Pemerintah dan masyarakat. Artinya, Indonesia akan memiliki lebih banyak warga negara yang berusia produktif. Dapat dikatakan bahwa jumlah pemuda lebih banyak daripada jumlah masyarakat usia lainnya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (BEM-U UMM) menaruh perhatian lebih pada situasi tersebut. Melalui Kementerian Politik, Hukum dan HAM, BEM-U mengadakan Diskusi Publik Sumpah Pemuda, Jumat (26/10). Dalam kesempatan ini, Fajrin Fadlillah Redaktur Politik Media Mahasiswa mengajak para peserta untuk mengahayati sumpah pemuda.

"Hari ini, yang kita lakukan hanya sebatas bereuforia. Hanya sebatas perayaan. Padahal, hingga terjadinya Sumpah Pemuda ada spirit hebat yang bisa kita ambil," jelas pria asal Banten tersebut. Menurut Fajrin, sebuah perjuangan tentu tak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Harus bersama-sama atau berkelompok.

Bonus demografi yang akan diperoleh Indonesia di tahun 2030 tentu akan menjadi tantangan baru bagi pemuda Indonesia. Banyaknya pemuda di tahun tersebut tentu harus diimbangi dengan pemahaman pemuda terkait perannya. Maka, refleksi hari Sumpah Pemuda tentu tidak dilaksanakan cuma sebatas euforia.

Sumpah Pemuda, sambung pria yang juga aktivis pergerakan Malang Raya ini, seharusnya menjadi momen bagi para pemuda untuk berefleksi terkait hakikat perjuangan kita sebagai pemuda. Terkhusus, pemuda terdidik atau mahasiswa yang memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat.

Dilanjutkan Fajrin, beberapa semangat lain yang dapat diambil dari Sumpah Pemuda ialah kesadaran atas tanggung jawab sosial dan kerjasama untuk meraih kemerdekaan seutuhnya. "Bila dikontekskan dengan kita hari ini, tentu jangan terbuai dengan fasilitas-fasilitas yang menyamankan kita. Harus sadar," tutup Fajrin. (mir/can)

Caption foto: Fajrin Fadlillah saat mengisi materi. (Foto: Mirza/Humas UMM)

0 comments:

Post a Comment

Kontak

Blogger

Malang - Indonesia

Email :

mirzaronasari@gmail.com