Friday, October 26, 2018

Rektor: Guru Milenial itu yang Kuat Karakter Keagamaan, Intelektual dan Humanisnya

DI TAHUN 2030 nanti, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Artinya di tahun itu, Indonesia akan memiliki lebih banyak warga negara yang berada di usia produktif. Generasi milenial, yang akan hidup di masa itu, tentunya saat ini menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah dan berbagai kalangan.

Hal inilah yang mendorong Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Kuliah Khusus, Kamis (25/10) siang. Acara ini bertajuk, “Penguatan Karakter untuk Mempersiapkan Generasi Milenial”.

Pada kesempatan ini Dr. Fauzan, M. Pd, Rektor UMM hadir sebagai pemateri. Ia menyampaikan optimisme bahwa mahasiwa PGSD UMM  harus menjadi generasi yang maximize atau generasi unggulan. "Jangan kemudian telat masuk kuliah. Sering alasan, yang penting masuk. Inilah yang dinamakan bermental minimize," contohnya.

Setiap manusia, sambungnya, memiliki potensi yang luar biasa. Namun sangat disayangkan kebanyakan dari diri seseorang, terkhusus para mahasiswa calon guru, masih memelihara kemalasan dan kerap beralasan. Boleh dikatakan, lanjut Fauzan, terlalu terlena dengan zona nyaman.

Tak lupa, Fauzan juga menjelaskan betapa pentingnya menjadi seseorang yang bermental pekerja keras. Hal ini nanti tentu harus dimiliki oleh seorang guru. Karena guru, sambung Fauzan, adalah suri tauladan bagi murid-muridnya. Ditegaskan Fauzan, penguatan karakter juga mesti dilakukan dengan maksimal dalam rangka menyiapkan generasi milenial ke depan.

Perbedaan gaya hidup dan perilaku di setiap masa akan menjadi tantangan tersendiri bagi guru. "Maka dari itu, penting kiranya calon-calon guru masa kini mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Agar ke depan anak-anak didik yang tak lain adalah generasi penerus bangsa menjadi anak-anak yang kuat dalam karakter keagaamaan, keintektualan dan humanisnya," tutup Fauzan. (mir/can)

Caption foto: Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. berfoto bersama peserta usai kegiatan semiar (Foto: Mirza/Humas UMM)

0 comments:

Post a Comment

Kontak

Blogger

Malang - Indonesia

Email :

mirzaronasari@gmail.com